Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Chain Hoist dan Wirerope Hoist

Posted Date, 17 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Andreas Andaliza, S.T.

Perbedaan Chain Hoist dan Wirerope Hoist

Perbedaan Chain Hoist dan Wirerope Hoist - Menurut bahasa Inggris hoist artinya adalah katrol. Arti tersebut kita bisa mengartikan hoist adalah alat bantu yang berfungsi untuk mempermudah memindahkan barang dari tempat satu dan ketempat lainnya dan juga mampu mengangkat barang. Hoist crane juga bisa digunakan di dalam ruangan dan diluar ruangan.

Salah satu cara gaya angkat hoist bisa diperoleh dari sistem energi mekanik, hidrolik, elektrik dan pneumatik. Oleh sebab itulah, di hoist itu disini kita akan menjelaskan perbadan untuk electric chain hoist dan electrik wire rope hoist yang wajib anda ketahui sebelum anda membeli hoist.

Chain Hoist
Electric chain hoist disini menggunakan rantai baja sebagai media pengangkat beban. Keunggulan utama dari electric chain hoist adalah dari segi harga yang lebih terjangkau dibanding yang kawat sling. Selain itu, Electric chain hoist heavy duty Merk Samsung inidapat dipergunakan untuk mengangkat beban berat seperti besi dengan jumlah dan ukuran yang  besar dengan lebih mudah. Dilengkapi dengan sistem mekanisme “pencegah beban berlebihan”, alat bantu yang satu ini banyak dipergunakan dalam industri yang berkaitan dengan pengangkatan material berukuran besar dan kasar. Dan juga chain hoist ini lebih kecil dan lebih ramping bodynya hingga tidak butuh space yang terlalu besar. hoist crane ini juga menggunakan chain atau wire rope yang dipasang pada sebuah drum serta dilengkapi dengan chain guide/rope guide. Pada area drum hoist tersebut terhubung dengan gearbox dan elektrik motor yang berfungsi untuk menurunkan atau menaikkan beban. Dan yang paling special chain hoist Samsung ini memiliki sistem load limiter yang satu-satunya hanya ada di chain hoist Samsung.

Electric chain hoist memiliki kemampuan khsusus tersendiri untuk melakukan true vertical lift atau pengangkatan secara vertikal. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam pekerjaan yang membutuhkan ketepatan tingkat tinggi dalam pemasangan material secara vertical.

Baca Juga:

Wire Rope Hoist
Electric wire rope hoist menggunakan wire rope atau kawat seling sebagai media untuk membantu pengangkatnya. Wire rope ini memiliki sistem kerja pada saat menggangkat kawan seling akan bergulung ke drum, dan juga sebaliknya ketika pada saat menurun kan kawat seling akan bergulung menurunkan beban.

Jenis Electric Wire Rope Hoist Samsung ini memiliki beberapa keunggulan. Dibandingkan dengan rantai, wire rope hoist ini menggunakan bahan kawat seling untuk penariknya yang dipergunakan ini terbilang lebih lembut, kuat, tidak mudah putus, serta tidak berisik saat dipergunakan. Namun, untuk masalah harga Electric wire rope hoist ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan yang electric chain hoist. Dan juga body nya yang lumayan besar membuat space yang dibutuhkan sedikit lebih besar. Untuk Electric wire rope hoist ini sangat cocok dipakai dalam kondisi outdoor dan indoor. Dan untuk industri cocok dipakai untuk pengangkat molding, besi dan baja, dan juga masih banyak lain.

Sementara itu untuk lingkungan kerja yang lebih kompleks dan membutuhkan presisi serta ketelitian, penggunaan electric wire rope hoist sagat direkomendasikan karena area kerja yang dibutuhkan lebih luas.

Dari penjelasan diatas bertujuan untuk meminimalisir kecelakaan kerja sekaligus menentukan pilihan tepat penggunaan hoist pada berbagai industri yang akan dijalani, dan juga sedikit memberikan informasi terkait penjelasan-penjelasan terhadap perbedaan Electric chain hoist dan Electric wire rope hoist itu sendiri.