Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Kopi Arabika dan Kopi Robusta, Yang Kalian Harus Tahu!

Perbedaan Kopi Arabika dan Kopi Robusta, Yang Kalian Harus Tahu!

Bagi para pecinta kopi umumnya mengetahui perbedaan otentik antara biji kopi Robusta dan Arabika. Selain cita rasa, kopi arabika dan robusta memiliki tekstur, cara menanam, dan mengolah yang tentu berbeda.

Kopi Arabika memiliki rasa lebih asam dibanding pahitnya dan memiliki rasa lebih manis seperti buah-buahan. Selain itu, kopi jenis ini lebih kaya akan rasa dan aroma. Dari segi bentuk, Biji kopi arabika memiliki bentuk lebih yang lonjong.

Sebaliknya, Biji kopi Robusta lebih dominan rasa pahit yang kuat ketimbang rasa asamnya dan karakter rasa yang dimiliki lebih seperti kacang-kacangan. Biji kopi jenis robusta ini cenderung lebih bulat. Karena dapat ditanam di daerah yang punya ketinggian rendah, kopi jenis ini lebih gampang ditemui dibandingkan Arabika.

Cari mesin kopi espresso?

Kopi jenis Arabika ini tumbuh pada daerah dengan ketinggian 700-1700 mdpl. Sedangkan, kopi jenis Robusta dapat tumbuh lebih rendah yaitu sekitar 700 mdpl, sehingga memungkinkan pohon Robusta lebih rentan diserang oleh serangga/hama.


Berbicara dari kandungan kafeinnya, kopi jenis arabika memiliki kandungan kafein yang lebih kecil yang berkisar antara 0,8% - 1,4%. Sedangkan, kopi jenis robusta memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi, yaitu sekitar 1,7% - 4,0%.

Kopi jenis Arabika mungkin lebih unggul dalam menguasai pasar global hingga 70%, dibanding Robusta yang hanya sekitar 30% saja. Tetapi jenis kopi Robusta ini bisa dihargai dengan mahal jika memiliki kualitas biji kopi yang sangat tinggi.

Semoga artikel Indotara, bisa bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kalian semua!

Stay Connected

Instagram facebook pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : Rio Arfiansyah

Editor : Rio

Chat Line Messenger

atau

Chat Whatsapp

List Mesin Kopi Grinder Ferratti Ferro

List Mesin Coffee Roaster Ferratti Ferro


Related Articles