Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Single Girder dan Double Girder pada Crane

Posted Date, 26 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis: Hendry Hollis, S.E.

Perbedaan Single Girder dan Double Girder pada Crane

Memilih OHC Single Girder atau Double Girder - Memindahkan Material dalam jumlah besar melalui pabrik atau palet produk melalui gudang dapat dilakukan secara lebih efisien dengan overhead crane. Dengan banyak konfigurasi, solusi angkat ini dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan secara spesifik.
Memahami kebutuhan tersebut adalah langkah pertama untuk memilih antara OHC Single Girder atau Double Girder. Untuk pemilihan yang tepat solid dan tahan lama dan faktor penentu terbesar dalam kompleksitas dan biaya OHC.
Pilihan akhirnya tergantung pada persyaratan pengangkatan dan lingkungan Anda. Mari kita lihat dua opsi ini untuk membantu Anda menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Overhead Single Girder

Opsi paling populer untuk overhead adalah OHC Single Girder karena sederhana dan biaya pembuatanya lebih murah.
Overhead single girder melibatkan 1 Box atau Double Beam yang melintang dan didukung oleh End Carriage kedua sisi. Troli berjalan di sepanjang sayap bawah gelagar jembatan sehingga menggantung di bawahnya.
Pilihan Girder hoist ini dapat memberi Anda cakupan fasilitas maksimum dengan waktu penyetelan yang lebih cepat. Ini adalah solusi yang tepat untuk bisnis yang membutuhkan bantuan Hoist ringan hingga sedang atau untuk ruang bangunan  atau lantainya terbatas.

Apakah OHC single Girder tepat untuk operasi Anda sangat bergantung pada jumlah pekerjaan yang perlu Anda lakukan. Rentang derek jarang lebih lebar dari 18 Meter dan kapasitas berat biasanya dibatasi hingga 15 ton. Tetapi Itu tidak berarti Anda tidak dapat menyesuaikan OHC Single Girder untuk melampaui itu, tetapi ini adalah batasan umumnya.

Sebuah OHC Single Girder dapat berjalan hingga enam jam atau lebih pada suatu waktu. Ini dapat dijalankan oleh push Bottom atau remote nirkabel. Sebagian besar waktu, Anda dapat memilih dari Chain Hoist listrik atau Wire Rope Hoist untuk memaksimalkan fleksibilitas ruang kerja.

OHC Single Crane ini lebih murah karena lebih ringkas dan ringan. Anda menghemat melalui biaya bahan, pengiriman, dan pemasangan yang lebih rendah. Hoist jenis ini juga dapat mengakomodasi sistem landasan pacu yang lebih ringan yang terhubung ke struktur pendukung bangunan yang ada tanpa menambahkan terlalu banyak beban ekstra.

OHC Single Girder biasanya digunakan di bengkel, gudang, pekarangan material, dan manufaktur.
Baca Juga:

Kelebihan Single Girder
  1. Lebih murah di muka karena lebih sedikit bahan dan pemasangan lebih cepat.
  2. Pilihan Hoist tugas ringan hingga sedang yang paling ekonomis.
  3. Beban yang lebih rendah pada struktur bangunan.
  4. Pendekatan kait yang lebih baik untuk perjalanan troli dan jembatan.
  5. Lebih mudah dipasang, diservis, dan dirawat.
  6. Bagus jika gedung memiliki tinggi ruang  yang memadai.
  7. Kontra dari Single Girder.
  8. Hoist biasanya di bawah girder sehingga ketinggian kait berkurang.
  9. Troli yang kurang berjalan dapat menyebabkan keausan dini pada balok.
  10. Fitur khusus seperti layanan jalan kaki dan lampu bisa mahal atau sulit ditambahkan.
  11. Kapasitas berat yang lebih rendah.
  12. Rentang derek lebih pendek.

OHC Double Girder

Ketika rentang dan kapasitas mulai meningkat, saatnya untuk mempertimbangkan derek jembatan gelagar ganda sebagai solusi pengangkatan tugas berat.

OHC double Girder menggunakan dua balok girder paralel sebagai jembatan dengan truk ujung di setiap sisi. Troli dan kerekan berjalan di atas rel yang dipasang di atas jembatan, yang meningkatkan ketinggian kait maksimum Anda sebanyak 36 inci. Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang kepala di bawah landasan, troli dapat dirancang untuk berjalan di sepanjang flensa bawah gelagar, bukan di atas.

Jika produksi Anda membutuhkan pengangkatan lebih dari 20 ton sekaligus, Anda pasti perlu mempertimbangkan balok ganda. Crane overhead ini dapat menangani hingga 600 ton material sekaligus. Ini adalah faktor paling sederhana dalam memilih antara gelagar tunggal dan ganda. Peringkat siklus tugas umum untuk derek girder ganda adalah CMAA kelas D dan E.

Bahkan jika Anda mengangkat beban kecil, balok ganda mungkin menjadi pilihan yang lebih baik. Persyaratan ketinggian angkat khusus mungkin memerlukan opsi ganda karena dapat mengambil barang lebih tinggi dari satu balok girder. Anda juga dapat memindahkan beban Anda dengan jarak yang lebih jauh karena rentangnya bisa lebih panjang.

OHC Double Girder juga digunakan untuk pemasangan diluar ruangan. OHC Double Girder juga dapat dijalankan selama delapan jam atau lebih secara berturut-turut, suatu keunggulan dibandingkan tunggal maksimal enam jam.

Harga merupakan faktor di sini karena OHC Double Girder akan memerlukan biaya lebih tinggi karena membutuhkan lebih banyak bahan untuk membuatnya dan waktu serta tenaga yang dibutuhkan untuk pemasangan. Anda mungkin juga memiliki biaya tambahan untuk memastikan struktur pendukung bangunan Anda dapat menangani beban ekstra dari Girder dan sistem Runwaynya.

OHC Double Girder adalah pilihan umum untuk digunakan di pertambangan, produksi logam, galangan rel, dan pelabuhan pengiriman.

Kelebihan Double Girder
  1. Bisa untuk menangani lebih banyak beban berat.
  2. Dapat menjangkau lebih tinggi jarak.
  3. Dari Hock ke lantainya.
  4. Tidak ada batasan seberapa jauh jangkauan atau kapasitasnya.
  5. Dapat menambahkan fitur seperti catwalk,  atau lampu.
  6. Dapat digunakan di dalam ruangan atau di luar ruangan.
  7. Mudah dirawat.
  8. Kekurangan Double Girder.
  9. Lebih mahal karena lebih banyak material, tambahan dukungan struktural, dan komponen yang lebih kompleks.
  10. Biaya pengaturan yang lebih tinggi.
Memilih Girder Crane

Seperti yang Anda lihat, faktor utama dalam menentukan jenis Hoist yang harus Anda pilih adalah jenis pekerjaan yang perlu Anda lakukan. OHC Double Girder adalah pilihan yang lebih baik jika Anda memindahkan beban berat atau membutuhkan ketinggian kait yang tinggi, tetapi Anda akan membayar lebih di muka. Jika Anda memiliki beban yang relatif lebih ringan atau memiliki keterbatasan ruang, OHC Single Girder mungkin memenuhi kebutuhan Anda dengan biaya awal yang lebih rendah.