Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Reach Truck

Posted Date, 17 Maret 2023

Editor: Fiki

Penulis:Marchellino

Reach Truck
Apa itu Reach truck?

Reach truck ialah merupakan salah satu dari jenis forklift electric yang menggunakan baterai sebagai alat sumber energi utamanya dan juga memiliki jangkauan yang lebih tinggi dibanding jenis forklift lain nya.

Berbeda juga dengan forklift, reach truck ini memiliki ukuran yang lebih kecil disbanding kan dengan forklift sehingga dapat digunakan di area yang lebih minim atau skala kecil. Pada umum nya reach truck digunakan di sela-sela antara rak-rak gudang. Sesuai dengan namanya, reach truck dipergunakan untuk mengangkat material atau benda di ketinggian. Alat berat yang satu ini memiliki banyak fitur seperti kamera yang dapat menunjang jarak pandang operator ketika memindahkan material.

Reach truck ini mampu mengangkat benda hingga ketinggian 11 meter namun tinggi maksimal alat tersebut tergantung pada jenis dan juga merknya. Alat ini dibuat menggunakan baterai dan listrik sebagai alat sumber energi sehingga tidak akan menghasilkan emisi gas. Tidak heran juga bila reach truck banyak diminati untuk pekerjaan indoor atau dalam ruangan.

Perbedaan Reach Truck dengan Forklift

Meskipun kedua alat berat tersebut sama-sama digunakan untuk mengangkat suatu barang, namun fungsinya tentu saja berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan forklift dan reach truck.

1. Kapasitas

Karena fungsi yang berbeda, kapasitas nya reach truck pun juga berbeda dengan forklift. Reach truck hanya mampu mengangkat beban material sekitar 3 ton, sedangkan forklift mampu mengangkat beban hingga 10 ton tergantung pada jenis forklift.

2. Jarak pandang

Forklift memakai fitur jarak pandang yang lurus ke depan dimana si operator dapat melihat apa yang ada didepannya. Meskipun demikian ketika mengangkat bebanpun berat jarak pandang bisa saja terhalang beban, namun operator forklift tetap bisa melihat ke depan dengan mudah. Sedangkan reach truck memiliki banyak fitur yang menunjang jarak pandang karena beban yang diangkat ke atas sedangkan pada umumnya alat berat banyak yang menghadap ke samping.

3. Radius berputar

Tergantung pada modelnya, reach truck memiliki radius putar yang lebih minim disbanding kan dengan forklift. Hal ini dikarenakan reach truck banyak dipergunakan pada area yang lebih sempit.

4. Energi atau Daya

Semua reach truck memakai baterai dan listrik sebagai sumber energinya. Sedangkan forklift bisa memakai energi dari diesel, bensin, LPG, dan juga listrik tergantung pada jenisnya.

 
Kelebihan atau Kentungan dari Reach Truck

Ada beberapa keunggulan pastinya yang dimiliki oleh reach truck itu sendiri. antara lain, dapat memberi Anda kemampuan untuk menyesuaikan kecepatan dan perlambatan, Anda juga dapat menyesuaikan pengangkatan atau kecepatan rendah.

Dan, tentu saja, dapat meningkatkan produktivitasnya pada tingkat yang lebih tinggi dengan kapasitas fungsi pengangkatan dan bantuan secara bersamaan pada saat operasi.