Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Shigemitsu Conveyor, Jenis dan Fungsinya

Editor: Rio
Shigemitsu Conveyor, Jenis dan Fungsinya
Conveyor adalah suatu system yang bertujuan atau berfungsi untuk memindahkan barang / obyek dari satu lokasi ke lokasi yang lain agar menghemat waktu dan tenaga saat memindahkan barang tersebut terutama barang dengan dimensi yang besar dan terlalu berat dengan jumlah yang banyak.

Ada beberapa jenis conveyor yang biasa digunakan di antara nya adalah Belt Conveyor, Roller Conveyor, Telescopic Conveyor dengan menggunakan motor sebagai penggerak conveyor nya.

Conveyor Belt adalah conveyor yang menggunakan belt / sabuk yang bergerak di atas konstruksi conveyor. Sabuk umumnya terbuat dari material karet atau plastic dengan dilapisi kain yang kuat atau kabel baja, juga bisa terbuat dari polivinil clorida dan kain seperti polyester atau karet stirena-butadiena dan beberapa lapis kain polyester atau nylon.

Roller Conveyor menggunakan roll / gulungan bisa terbuat dari stainless atau baja ringan, bisa bergerak secara manual atau menggunakan electrical.

Keuntungan menggunakan conveyor adalah menghemat waktu dan biaya karena waktu yang digunakan untuk memindahkan barang lebih cepat dan lebih sedikit menggunakan tenaga manusia. Conveyor juga sangat flexible karena bisa bergerak ke beberapa arah yang berbeda.

Bagi pengusaha yang memiliki pabrik yang memproduksi barang dalam jumlah banyak sangat membutuhkan conveyor untuk menunjang operasional mereka baik itu mulai dari proses produksi, pengemasan sampai ke loading.

Bayangkan jika semua proses pabrik hanya mengandalkan manusia, banyak sekali jumlah pekerja yang ada didalam pabrik tersebut dan biaya yang di keluarkan.

Selain itu penggunaan conveyor pada industry makanan, membuat proses pemilihan bahan, produksi sampai ke pengemasan menjadi lebih bersih karena tidak banyak di sentuh oleh tangan manusia.

Dari catatan sejarah, pengguna pertama conveyor adalah seorang pengusaha otomotif yaitu Henry Ford yang memproduksi kendaraan pada tahun 1913. Henry Ford menggunakan conveyor untuk menghemat waktu dalam memproduksi mobil dari yang awalnya membutuhkan waktu sampai 12 jam menjadi hanya satu setengah jam saja. Tentu saja hal ini meningkatkan hasil produksi mobil dengan lebih menghemat biaya juga tentu nya.

Harga conveyor bervariative tergantung jenis conveyor, dimensi, kekuatan daya pindah, material yang digunakan pada conveyor sesuai yang dibutuhkan dan disesuaikan dengan budget yang harus di keluarkan.

Banyak vendor yang menjual conveyor di Indonesia, tapi pastikan anda membeli melalui vendor yang terpercaya dengan memberikan jaminan garansi yang jelas dan layanan after sales yang respon nya cepat.

PT. Indotara Persada telah menjadi vendor Shigemitsu Conveyor di Indonesia selama puluhan tahun dengan penjualan dan pelayanan after sales ke seluruh Indonesia. Tidak perlu kuatir saat ada kendala dengan conveyor yang dibeli, cukup hubungi PT. Indotara Persada dan sales service segera merespon.