Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Shigemitsu Electric Reach Truck

Editor: Rio
Shigemitsu Electric Reach Truck
Reach Truck merupakan alat bantu yang digunakan mengangkat benda yang memiliki kapasitas besar dan diangkat ke ketinggian tertentu yang tidak mungkin untuk diangkat menggunakan tangan manusia.

Electric Reach Truck ini memiliki 2 garpu untuk mengangkat beban yang ada diatas pallet. Sistem kendali pada unit ini adalah Full Electric. Sistem ini mempermudah operator untuk mengontrol/mengendalikannya. Operator cukup duduk dan memegang kendali untuk mengontrol pergerakan dan menaikkan dan menurunkan garpu.

Electric Reach Truck seering dijumpai di industri yang memiliki pergudangan yang penuh dengan racking yang tinggi untuk menempatkan barang. Industri/pergudangan yang sering memakai unit ini yaitu Industri di bidang makanan, Industri retail, bengkel, dan industri lain yang memiliki rak di dalamnya.

Keunggulan Electric Reach Truck

Unit ini memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh alat angkut yang lain :

- Garpu mampu mencapai di ketinggian 12 meter
- Body unit cocok digunakan pada tempat yang sempit
- Dapat bermanuver/putar sampai 360 derajat tanpa memerlukan ruang yang luas
- Memiliki 2 pilihan untuk operator yaitu berdiri dan duduk
- Jarak pandang operator yang mudah karena menghadap ke arah samping
- Garpu/fork mampu bergerak maju dan mundur
- Perbedaan Forklift Reach Truck VS Forklift Elektrik

Unit ini mempunyai kesamaan dan perbedaan dengan Forklift, dan Forklift Elektrik. Persamaan kedua unit ini mempunyai fungsi sama yaitu mengangkat benda berat dan memindahkan ke tempat lain.

Perbedaannya yaitu unit ini mampu angkat beban lebih tinggi dari Forklift hingga mencapai 12 meter sedangkan Forklift hanya mampu mengangkat beban sampai 7 meter.

Namun Forklift lebih unggul dalam hal angkat beban mulai dari 1T sampai 15T, 20T, 30T atau lebih. Sedangkan Electric Reach Truck hanya mampu angkat beban maksimal 2T saja.

Perbedaan lain adalah Reach Truck tidak membutuhkan area yang luas untuk berputar dibanding dengan Forklift yang membutuhkan area yang luas.

Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih unit yang tepat:

1. Beban yang akan diangkat

Setiap unit memiliki kekuatan angkat yang berbeda-beda. Unit forklift didesain untuk mengangkat beban yang sangat berat, oleh sebab itu forklift mempunyai counterbalance yang berfungsi untuk menyeimbangkan ketika mengangkat beban yang besar.

Electric Reach Truck memiliki kapasitas yang terbatas, tetapi memiliki kemampuan mengangkat beban di area yang sempit yang tidak mampu dilewati Forklift.

2. Ketinggian yang akan dicapai

Unit ini mampu mengangkat beban hingga pada ketinggian yang lebih tinggi dibandingkan forklift.

Umumnya Forklift (sebagian besar) hanya mampu mengangkat hingga mencapat ketinggian 7 meter saja, tetapi pada unit Electric Reach Truck mampu mengangkat beban lebih tinggi hingga mencapai 2 kali lipat yaitu mencapat 10 meter hingga mencapai 12 meter.

3. Tempat / Area Space

Hal inilah yang menjadi pertimbangan kenapa Electric Reach Truck lebih dipilih sebagai alat yang efisien. Unit ini memiliki body yang tidak sepanjang forklift, sehingga mampu melakukan manufer pada gangway yang sempit. Unit forklift pada umumnya memerlukan ruang/space yang lebih luas/lebar untuk dapat berputar/berbalik arah.

Unit ini diciptakan/didesain dengan body yang tidak selebar/sepanjang Forklift, sehingga jarak putar ketika bermanuver ataupun berputar lebih kecil. Bahkan terdapat satu jenis Electric Reach Truck yang mampu memindahkan barang dari rak kanan ke rak kiri tanpa harus berputar.

Oleh sebab itu jika gudang anda tergolong kecil ataupun sempit, maka unit ini lebih cocok digunakan dibandingkan anda menggunakan unit forklift. Forklift mempunyai/memiliki body yang lebih besar sehingga ketika bermanuver/berputar membutuhkan tempat/space yang lebih lebar/luas.

Shigemitsu electric reach truck dan Bomac forklift bisa anda dapatkan di PT. Indotara Persada