Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Stabilizer?

Posted Date, 12 Agustus 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Anissa

Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Stabilizer?

INDOTARA.CO.ID - Automatic Voltage Regulator (AVR) atau stabilizer atau yang biasa disingkat stabilizer voltage (stavol) merupakan suatu perangkat yang sebenarnya memiliki kegunaan yang penting, baik Industrial maupun Rumahan atau penggunaan secara personal perangkat ini sangat dibutuhkan dan membantu  menstabilkan tegangan listrik. Secara umum perangkat ini memiliki kegunaan yang bagus dalam menjaga peralatan elektronik yang digunakan agar lebih awet. Apalagi ketika listrik yang digunakan mengalami naik/turun atau tidak stabil.

Pada artikel kali ini akan ada beberapa hal yang akan dibahas agar menjadi perhatian ketika akan membeli stabilizer dan tips yang perlu diketahui oleh customer. Seperti apa? Mari kita bahas satu per satu.

Pada dasarnya stabilizer dirancang untuk menstabilkan listrik yang mengalami penurunan dan kenaikan yang signifikan. Oleh karena itu hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat hendak membeli stabilizer adalah ketahui dulu dengan pasti kapasitas listrik dan jenis listrik yang ada. Kapasitas ini sangat penting agar tidak mengalami kesalahan saat menentukan kapasitas stabilizer yang akan dibeli agar bisa digunakan dan memiliki toleransi yang lebih besar dari pada kapasitas daya yang dimiliki misalnya pada rumah, kantor atau industrial.

Jenis listrik juga perlu menjadi perhatian, apakah listrik berada pada 1 fasa atau 3 fasa. Listrik pada 1 fasa umumnya adalah listrik untuk rumahan yaitu 220 volt dan listrik pada 3 fasa biasanya digunakan untuk industry, perkantoran besar atau pabrik yaitu 380 volt, dalam beberapa kasus juga ada yang hingga 400 volt namun jarang di Indonesia.

Pilih stabilizer yang  memiliki kapasitas lebih besar dari beban daya listrik yang dimiliki. Oleh karena itu ketahui dengan pasti beban daya listrik yang dimiliki. Atau menghitung sendiri untuk kebutuhan kapasitas yang dimiliki berdasarkan beban daya listrik yang ada, dengan menggunakan rumus seperti ini.


Baca Juga:


Beban (Daya Listrik) Daya Maksimal Stabilizer 20%

20% biasanya merupakan yang dipakai spare atau untuk factor keamanan.

Selain itu perlu diperhatikan apabila memiliki daya semu maka dalam memilih stabilizer sebaiknya yang dua kali lipat kapasitas beban daya yang ada. Misalnya ada mesin es krim dengan kapasitas 1850 watt maka stabilizer yang baik untuk digunakan adalah kapasitas 5000 VA atau 5 kVA. Mengapa demikian, karena 1850 watt x 2 = 3700 watt sehingga baiknya menggunakan stabilizer dengan kapasitas yang lebih besar dari total beban daya atau memiliki spare.

Selanjutnya adalah memilih stabilizer yang sesuai dengan kebutuhan, karena beberapa stabilizer memiliki type tersendiri, yaitu stabilizer type servo motor atau type contactless. Untuk stabilizer type servo motor pasti memiliki carbon brush, di mana untuk penggunaan carbon brush ini lama kelamaan akan tergerus sesuai dengan pemakaian dan juga jangka waktu pemakaian. Sehingga harus ada pergantian secara berkala. Untuk lebih mudah dipahami carbon brush itu seperti busi pada sepeda motor. Untuk type servo juga memiliki respon time 1,5 second.

Type berikutnya adalah type contactless, untuk type ini sudah tidak memakai servo motor, komponen di dalamnya sudah electrical dan terdapat semiconductor sehingga memiliki performa yang lebih bagus dari pada type yang menggunakan servo motor. Sehingga respon time yang dimiliki juga lebih cepat yaitu kurang lebih 0,04 second. Type ini juga bisa dibilang free maintenance karena sebagian besar komponennya sudah digital dan sering disebut sebagai premium stabilizer.

Terakhir dan tidak kalah penting adalah pilihlah stabilizer dengan harga yang sesuai dengan kualitas yang dimiliki, sehingga menjadi “worth to buy” memiliki spare part yang mudah dicari, lengkap dan juga terdapat jasa teknisi yang bisa memberikan maintenance saat perangkat stabilizer mengalami masalah. Selain itu memiliki garansi yang jelas juga harus menjadi pertimbangan utama.

Untuk itu PT. Indotara Persada selain menyediakan stabilizer merk Arakawa dengan berbagai type, kapasitas sesua kebutuhan Anda juga memiliki garansi yang panjang yaitu 5 tahun juga layanan after sales yang baik, spare partnya terjamin dan juga jika terjadi kendala tim teknisi kami siap membantu keluhan Anda.


Related Articles