Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Tips Merawat Hand Pallet

Editor: Ipin
Tips Merawat Hand Pallet
Tips Merawat Hand Pallet - Supaya alat ini bisa awet dan tahan lama, Kita perlu tau bagaimana cara merawat hand pallet dengan baik. Karena berbeda dengan Electric Stacker yang berupa lift truck, hand pallet memiliki jangka waktu penggunaan yang jauh lebih panjang.

Karena hand pallet tidak memiliki komponen mesin sebanyak electric stacker. Sehingga lebih kecil kemungkinan alat ini rusak dan tidak bisa dipakai sama sekali. Tapi, hand pallet akan bertahan lama jika dirawat dan digunakan sesuai aturan.

Hand Pallet itu apa?

Hand pallet adalah alat untuk mengangkut barang, berukuran kecil dan memiliki 1 buah kemudi di bagian belakang dengan 4 roda kecil, dan ada 2 buah garpu untuk mengangkat berbagai macam barang yang akan diangkut. Dimana hand pallet ini berperan penting untuk menyelesaikan tugas dengan cepat. Jika dilihat berdasarkan bentuknya, hand pallet mirip dengan alat angkut barang yang lainnya. Hand pallet ini mempunyai bermacam ukuran. Pemakaian hand pallet bisa menaikkan maupun menurunkan barang yang berat

Beberapa dari Anda pasti sudah tau bahwasannya hand pallet merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mempermudah ketika mengangkat barang berat, tapi tidak tau Namanya apa. Anda yang belum pernah bekerja di gudang industri pasti pernah melihat alat angkat barang ini.

Hand pallet ini sangat mudah dijumpai di tempat umum seperti mall, super market dan mini market sekalipun, sudah banyak yang menggunakan alat ini.

Bagaimana Cara Merawat Hand Pallet?

Berikut Tips Merawat Hand Pallet, yaitu:


  1. Gunakan di tempat yang sesuai dengan spesifikasi Hand Pallet
Tidak semua hand pallet bisa digunakan di segala jenis permukaan jalan. Ada hand pallet yang hanya bisa digunakan di lantai semen biasa dan ada yang hanya bisa digunakan untuk permukaan jalan lantai granit.

  1. Tidak dibolehkan membawa beban melebihi batas Hand Pallet
Memaksa hand pallet mengangkat barang dengan berat diatas batas maksimal akan membuat fork atau garpu menjadi bengkok dan cepat patah.

Cek skala berkala oli hidrolikJika oli hidrolik habis, isi sampai batas yang ditentukan. Jika oli hidrolik sudah berubah kekentalannya, tap oli dari tabung oli dan segera ganti oli hidrolik dengan yang baru serta gunakan oli hidrolik yang sesuai aturan spesifikasi.

  1. Membersihkan Hand Pallet secara berkala minimal 2 kali dalam sebulan
Bersihkan bagian piston silinder-nya. karena jika tidak dibersihkan, kotoran ini akan merusak seal di piston silinder dan membuat hand pallet tidak bisa bekerja dengan sempurna. Berhati-hati ketika membersihkan bagian ini supaya tidak terjadi luka pada piston silindernya.

Jika tetap ada kerukasan jika sudah merawatnya dengan baik dan benar silahkan langsung membawa ke teknisi yang profesional bila alat tidak bisa bekerja dengan baik, PT. Indotara Persada menjadi distributor Exclusive Sudah 18 tahun untuk produk Hand Pallet Shigemitsu dan memiliki Teknisi ahli untuk service.