Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Type Hand Pallet Sesuai Dengan Kebutuhan

Posted Date, 26 Oktober 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Sari Narulita, S.T.

Type Hand Pallet Sesuai Dengan Kebutuhan

Type Hand Pallet Sesuai Dengan Kebutuhan - Hand pallet atau banyak orang menyebutnya hand lift, hand jack, forklift manual, pallet mover adalah alat yang membantu memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain.  Hand Pallet ada dua jenis yaitu yang manual menggunakan Hydraulic dan semi/full electric Hand Pallet.

Type type Hand Pallet di sesuaikan dengan kebutuhan nya sebagai berikut :

1. Jenis Roda

Manual Hand Pallet memiliki 2 ( dua ) jenis roda yaitu Nylon dan Polyurethane.

Hand Pallet yang menggunakan roda Nylon ini untuk pemakaian pada lantai kasar seperti lantai cor-cor-an dan semen biasa.

Hand Pallet dengan roda Nylon digunakan pada lantai halus seperti epoxy, keramik, atau granit maka akan menimbulkan bekas roda / garis pada lantai yang lama kelamaan juga bisa merusak lantai tersebut.

Sedangkan Hand Pallet dengan roda Polyurethane ini kebalikan dari Nylon, dipakai untuk lantai yang halus seperti Epoxy, Keramik, Granit dan lantai halus lainnya. Karena ban yang digunakan pada lantai tersebut tidak merusak lantai atau menimbulkan bekas roda. Akan tetapi jika Hand Pallet dengan roda Polyurethene digunakan pada lantai dengan tekstur kasar maka roda akan cepat habis bahkan rusak.

Hal ini sama pada Semi/full Electric Hand Pallet, dan untuk Shigemitsu Semi/full Electric saat ini hanya tersedia yang menggunakan roda Polyurethene saja, dan Shigemitsu Manual Hand Pallet tersedia menggunakan roda Nylon dan Polyurethane.

2. Lebar Garpu

Sebelum membeli Hand Pallet baik itu yang manual atau pun yang semi electric, ada baik nya ukur lebar Pallet yang digunakan, hal ini penting agar Hand Pallet bisa muat ke dalam rongga Pallet.

Pallet rakitan dari bahan kayu biasanya memiliki lebar standar yaitu 68,5 cm , sedangkan Pallet pabrikan yang terbuat dari plasti ukuran standar nya adalah 55cm.

Pastikan lebar garpu baik itu manual Hand Pallet atau Semi/full Electric Hand Pallet yang dibeli cocok dan bisa digunakan untuk kedua ukuran Pallet tersebut.

Baca Juga:

    3. Panjang Garpu

    Hand Pallet manual memiliki panjang garpu standar 122cm, dan untuk yang Semi/full electric Hand Pallet memiliki panjang garpu standardnya juga sama yaitu 122cm.

    Memilih Panjang garpu untuk menyesuaikan lebar pallet atau beban yang di angkat agar seimbang dengan load centre Hand Pallet. Jika dimensi beban yang di angkat cukup panjang sebaiknya memilih Hand Pallet yang panjang garpu lebih panjang dari yang standar.

    4. Kapasitas Hand Pallet

    Hand Pallet Manual atau yang Semi/full Electric memiliki kapasitas daya angkat bervarian, untuk Shigemitsu Manual Hand Pallet sendiri tersedia kapasitas angkat mulai dari 500kg, 1T, 1,5T, 2T, 2.5T, 3T dan 5T dengan pilihan roda Nylon atau Polyurethane dan untuk Shigemitsu Semi/full Electric Hand Pallet tersedia kapasitas mulai dari 1T, 1.5T sampai 2T.

    Jika beban Hand Pallet yang di angkat melebihi kemampuan Hand Pallet tersebut hal yang paling umum terjadi adalah kerusakan pada system hydraulicnya.  Dan ini bisa mengugurkan garansi yang diberikan oleh penjual. Indotara Persada sebagai distributor tunggal dan service centre Shigemitsu memberikan garansi 3 tahun hydraulic untuk Shigemitsu Manual dan Semi/full Electric Hand Pallet, dan tambahan garansi 1 tahun electrical untuk Shigemitsu Semi/full Electric Hand Pallet

    5. Jenis Hand Pallet

    Setelah penjelasan di atas, maka sebelum membeli Hand Pallet pastikan yang dibutuhkan sesuai juga dengan kebutuhan operasional dan budget, karena harga yang Semi/full electric Hand Pallet lebih mahal dibandingkan dengan yang manual tapi lebih efektif dalam pemakaian tenaga manusia, tidak perlu banyak tenaga manusia saat memindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Sedangkan Hand Pallet manual, butuh lebih dari satu orang saat memindahkan dari satu tempat ke tempat lain jika beban yang diangkat sampai 3T, kebayang kan berat nya beban yang harus ditarik kalau hanya menggandalkan roda Hand Pallet dengan satu tenaga manusia?