Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Wow, alat ini mampu mengangkat barang sampai 12 meter!!

Editor: Ipin
Wow, alat ini mampu mengangkat barang sampai 12 meter!!
Wow, alat ini mampu mengangkat barang sampai 12 meter!! - Reach truck adalah salah satu jenis alat berat yang disebut forklift yang sering digunakan di koridor gudang industri atau pabrik industri. Jadi, jenis forklift apa yang dapat memfasilitasi pekerjaan ringan di industri pergudangan? Apakah Anda lebih penasaran? Mari kita lihat ulasan di bawah ini.

Menurut penjelasan sebelumnya, reach truck sebenarnya adalah forklift yang digunakan di koridor sempit, karena gudangnya terlalu luas. Forklift ini dirancang dengan banyak komponen untuk memfasilitasi transfer produk kategori besar.


Apa itu Reach truck
Reach truck adalah jenis forklift yang hampir mirip dengan forklift elektrik karena menggunakan baterai yang dapat diisi ulang sebagai sumber tenaganya. Tinggi dan kapasitas reach truck lumayan berbeda dengan forklift karena biasanya reach truck memiliki kapasitas maksimal yang lebih kecil dibandingan forklift, tetapi memiliki jangkauan yang lebih tinggi dibandingkan forklift karena tujuan utama reach truck adalah menaikan barang ke racking, tetapi barang yang di naikan harus berada di atas pallet.

Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah dengan reach truck ini digunakan hanya untuk indoor dan tidak direkomendasikan untuk outdoor untuk menjaga kesehatan mesin. Sangat simpel dan ekonomis untuk perawatan reach truck, jika digunakan benar, akan membuat mesin lebih awet dan tahan lama.

Fungsi Reach Truck
Forklift ini digunakan dalam aplikasi dengan koridor sempit, seperti gudang. Reach truck dirancang dengan dua kaki diluar yang membantu mendistribusikan beban, dan satu set roda di belakang kaki luarnya. Roda berada di bawah operator untuk membantu menciptakan radius belokan terkecil.

Ini akan memungkinkan operator untuk menavigasi ruang terkecil dan masih dapat menjangkau racking yang lebih tinggi. Truk penjangkau memungkinkan operator untuk dengan mudah masuk dan keluar dari lorong sempit dan mencapai ketinggian yang cukup tinggi dengan tetap mempertahankan kapasitas angkat. Untuk titik tertinggi dari reach truck dapat menjangkau hingga 12 meter. Cukup tinggi untuk ukuran racking di gudang. Tapi perlu diingat semakin tinggi jangkauannya semakin rendah beban yang bisa di angkat oleh reach truck, seperti contohnya reach truck 2 ton hanya bisa mengangkat beban 800kg sampai ketinggian 10m, di atas itu beban akan angkat akan menurun lagi, fungsi ini sudah umum di semua jenis forklift, reach truck dan stacker.

Keuntungan Reach Truck
Ada beberapa keuntungan menggunakan reach truck, yang pertama memiliki radius putar yang lebih kecil dibandingkan forklift sehingga racking dapat disusun lebih rapat dan bisa menambah muatan di gudang. Kedua reach truck dapat menjangkau ketinggian yang tinggi hingga 12 meter! Ketiga perawatan yang lebih mudah dibandingkan forklift, karena reach truck berjenis elektrik dan tidak perlu mengganti-ganti filter. Keempat reach truck memiliki mode cold storage yang dapat digunakan hingga suhu -20 derajat celcius, luar biasa bukan ?