Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

CARA MEMBERSIHKAN BUNGA ES DI KULKAS

CARA HEMAT MEMBUAT KULKAS TRADISIONAL

Bila kita memiliki kulkas pasti kita menggenal bunga es yang ada pada freezer. Tentu sangat mengganggu bila bunga es sudah menumpuk banyak pada freezer. Itulah yang membuat kinerja freezer menjadi kurang maksimal. Maka kita harus rajin membersihkan bunga es yang menempel pada dinding freezer.

Penyebab dari bunga es ini ( Frost ) sebenarnya adalah uap air dari udara yang membeku dalam freezer kulkas, yang di mana fenomena ini sangatlah wajar apalagi terjadi pada kulkas satu pintu atau pun di freezer. Pada kulkas yang satu ini dimana ada yang beberapa di bekali dan juga ada yang tidak dibekali dengan sistem defrost.

Agar bunga es tidak menumpuk di dalam freezer, anda perlu membersihkannya secara teratur ( +/- seminggu sekali ).

Ikuti juga beberapa langkah pencegahan dari penyebab terjadinya bunga es di bawah ini :

cara membersihkan bunga es1.Banyaknya Bahan Makanan Yang Mengandung Uap Air
Solusinya adalah selalu membungkus makanan yang anda masukkan ke dalam kulkas dengan plastik.
2. Sering Memasukan Makanan Panas
Makanan panas mengeluarkan lebih banyak uap yang merupakan sumber frost.
3. Terlalu Sering Membuka Pintu
Dengan seringnya udara luar masuk maka uap air pun ikut masuk ke yang nantinya bisa menjadi bunga es.
4. Tehermostat Terlalu Dingin
Pengaturan suhu yang sangat dingin merupakan salah satu penyebab kerak es, lebih baik mengatur thermostat sesuai kebutuhan saja yang di perlukan.

Kebanyakan dari kita merasa cuek dengan kehadiran frost dalam kulkas dan juga membiarkannya menumpuk sampai menutup semua bahan makanan. Saat kinerjanya menurun, barulah akan kerepotan dengan mencari cara untuk membersihkan bunga es di pendingin tersebut.

Berikut beberapa langkah yang bisa kita gunakan untuk membersihkan bunga es dalam freezer:

PENTINGNYA PERIZINAN DEPKES DAN SERTIFIKASI HALALPindahkan dulu isi yang ada pada freezer ke tempat lain,agar mudah membersihkannya.Jangan lupa cabut stop kontak yang tersambung.

PENTINGNYA PERIZINAN DEPKES DAN SERTIFIKASI HALAL

Cari putaran thermostat dan putar sampai posisi defrost, pastikan bahwa kondisi ini sudah membuat kompresor sudah berhenti bekerja.

PENTINGNYA PERIZINAN DEPKES DAN SERTIFIKASI HALAL
Untuk mempercepat pencairan bunga es,sebaiknya pintu freezer di buka lebar .Bahkan kalau perlu bisa kita tambahkan kipas angin ke arah dalam freezer agar udara bisa beralih cepat antara yang di dalam freezer dengan luar freezer.
PENTINGNYA PERIZINAN DEPKES DAN SERTIFIKASI HALAL

Hasil pencairan bunga es akan mengalir otomatis pada tray penampungan yang berada di bagian belakang freezer.Ketika semua bunga es sudah mencair,buang air dalam penampungan tersebut dan jangan lupa dibersihkan juga.

Setelah semua proses selesai tutup kembali pintu freezer dan sesuaikan suhu dengan yang kita inginkan pada freezer tersebut. Barulah freezer sudah bisa digunakan kembali seperti semula.

Baca Juga : MESIN PENDINGIN HEMAT ENERGY & MODERN

“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Penulis: DERRY


banner tomori


Related Articles