Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Backhoe Loader

Posted Date, 8 November 2022

Editor: Ipin

Penulis:  Matthew Wang, S.T.

Backhoe Loader

Backhoe Loader - Backhoe Loader adalah sebuah alat berat yang mampu melakukan 2 pekerjaan yaitu memuat material dan menggali. Backhoe Loader merupakan kombinasi dari Wheel loader (Bucket Loader) dan Excavator (Backhoe). Unit ini juga memiliki 2 kaki yang bisa membantu menopang apabila sedang melakukan penggalian supaya unit tetap stabil saat menggali.

Untuk unit tersebut terkesan lebih kokoh karena memiliki bucket di depan (Loader) dan belakang (Backhoe) yang juga membantu keseimbangan saat melakukan pekerjaan.

Beberapa contoh penggunaan Backhoe Loader yaitu proses penggalian utilitas, pemeliharaan/perbaikan saluran di jalan raya, penggalian/perbaikan selokan, dan lain-lain. Backhoe loader juga memiliki beberapa attachment yang membantu untuk dalam pekerjaannya. Beberapa attachment tersebut misalnya membongkar, mencabut, memecah material yang keras, dan sebagainya. Backhoe Loader ini bisa dipakai untuk mengangkat stock pile ke dump truck yang posisinya lumayan tinggi. Backhoe Loader juga digunakan untuk batching plant, crushing plant, dan juga hopper AMP.

Backhoe Loader sanggup menggali dengan kedalamaan yang cukup dalam, maksudnya.ketika kamu memakai/menggunakan Backhoe Loader, maka hasil galian kedalaman yang didapat bisa lebih sempurna dan rata.

Baca Juga:


Cara Kerja Backhoe Loader

Setelah diketahui pengertian dan fungsi dari unit Backhoe Loader, informasi berikutnya yang harus anda pahami adalah sistem cara kerja dari unit Backhoe Loader. Terdapat 3 area yang dipakai/digunakan untuk mengisi beban muatan sampai ke atas truck. Dari ketiga metode tersebut dilakukan/dikerjakan sesuai dengan kebutuhan di lapangan dan medan material yang langsung berhadapan dengan unit Backhoe Loader tersebut.

1. Metode V-Shape Loading
Metode yang pertama ini dinamakan V-Shape Loading. Metode ini umumnya unit beroperasi akan tetapi truck tidak berpindah/bergerak termasuk ketika saat melakukan pengisian dan sampai penuh. Ketika sudah terisi penuh, Unit Backhoe Loader mulai bergerak maju mundur sehingga membentuk pola seperti huruf V, dan Backhoe Loader akan mengangkat/mengambil material sampai ke dalam truck dan kemudian mengantarkan material tersebut dengan aman.

2. Metode Shaping Loading
Metode yang kedua disebut dengan metode Shaping Loading. Metode ini memiliki bentuk yang dimana truck akan bergerak maju pada saat Unit Backhoe Loader mengangkat beban material. Kemudian, dari stock pile, truck akan bergerak mundur sehingga akan diisi dengan material yang telah diangkut menggunakan unit Backhoe Loader.

3. Metode Pass Loading
Metode Pass Loading yang hanya akan dipergunakan saat ada dua unit atau lebih yang berasal dari unit Backhoe Loader. Metode ini memiliki tanda/ciri dimana truck tersebut akan bergerak ke loader dari bloader. Dengan cara begitu, loader bucket bisa diisi material hingga terisi penuh.

Kesimpulannya, dari ketiga metode unit Backhoe Loader di atas memiliki kekhasan masing-masing dan dipergunakan sesuai kebutuhan. Khusus metode ketiga yaitu Pass Loading hanya dipergunakan pada kondisi tertentu saja.

Untuk Backhoe Loader terbaik bisa Anda dapatkan di PT. Indotara Persada dengan brand BOMAC.


Related Articles