Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Jenis-Jenis UPS dan Perbedaannya

Posted Date, 12 Agustus 2022

Editor: Rosyid

Penulis: Anissa

 Jenis-Jenis UPS dan Perbedaannya

INDOTARA.CO.ID - Apakah di rumah atau tempat usaha Anda sering mengalami pemadaman listrik? Tentu saja hal ini sangat mengganggu. Apalagi di tempat-tempat seperti perkantoran, tempat usaha seperti toko dan rumah sakit bahkan rumah tinggal pun terkadang memiliki mobilitas yang relative tinggi sehingga listrik sangat diperlukan. Selain prangkat seperti genset, perangkat yang saat ini penting untuk dimiliki adalah Uninterrutible Power Supply (UPS) atau dalam bahasa Indonesia adalah suplai daya bebas gangguan. Secara singkat peran dari perangkat ini adalah menyimpan dan menyadiakan daya alternative, cadangan daya atau backup ketika peralatan elektronik kehilangan daya secara tiba dari sumber listrik seperti PLN, solar panel atau genset. Perangkat ini menggunakan battery sebagai catuan daya alternativenya. Penggunaan perangkat UPS sangat berguna khususnya ketika sering mengalami pemadaman listrik atau listrik mati mendadak. Perangkat elektronik akan lebih terlindungi dan tidak cepat rusak.

Berbicara terntang UPS tentu saja memiliki jenis dan jenis UPS sangat bervariatif. Jenis yang pertama adalah dari segi model fisik. Untuk model fisik UPS sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu model kubus atau persegi seperti CPU computer dan atau berbentuk tower juga persegi namun memiliki dimensi lebih besar, dan biasanya diletakan begitu daja pada lantai atau meja ataupun disiapkan ruangan khusus untuk menyimpannya. Sedangkan model lainnya adalah model rackmount. Pada model rackmount  ini adalah UPS yang membutuhkan rack khusus untuk pemasangannya. Idealnya rackmount model ini digunakan untuk sumber daya daruruat server computer, sehingga untuk pemasangannya membutuhkan rak khusus dan dekat dengan server.

Sedangkan dari karakteristiknya UPS juga memiliki beberapa jenis dan yang paling umum diantaranya adalah UPS offline. UPS Line Interactive dan UPS Online.

Baca Juga:

  • UPS Offline; Biasanya UPS ini cocok untuk pemakaian pribadi atau perorangan. Memiliki harga yang relative murah dan juga terjangkau, tersedia dalam kapasitas kecil. Kekurangan jenis UPS ini akan memberikan jeda ketika terjadi tegangan tidak stabil, bahkan ketika listrik padam, atau respon timeya tidak cepat. Perangkat ini memiliki battery sama seperti UPS pada umumnya, kekurangan lainnya adalah battery perangkat UPS offline ini akan tetap terpakai walau perangkat tidak digunakan atau dalam kondisi off. Oleh karena itu sebutan lain untuk UPS offline ini juga adalah standby UPS. Selain itu untuk model UPS ini tidak bisa dipakai untuk kapasitas di atas 2kVA.



  • UPS Line Interactive;  Jenis UPS ini banyak ditemukan pada industry bisnis dalam skala kecil. Prinsip kerja dari UPS ini hampir sama dengan UPS Offline, namun respon yang dimiliki oleh UPS Line Interactive ini lebih bagus dalam mengatur tegangan secara otomatis. Jenis UPS ini juga menawarkan perlindungan yang lebih baik apabila terjadi naik-turun pada voltase listrik. Atau memiliki Automatic Voltage Regulator (AVR) yang dimana memiliki fungsi untuk mengatur tegangan dari suplai daya atau UPS ke perangkat elektronik. Harga yang ditawarkan juga relative murah dan terjangkau.



  • UPS Online; Untuk jenis UPS online ini merupakan jenis UPS yang lebih canggih daripada jenis UPS sebelumnya. UPS online menggunakan teknologi inverter,di mana secara otomatis mengalihkan daya tanpa adanya jeda. Respon time untuk jenis UPS online ini tidak ada, atau tidak ada jeda sama sekali. Jenis UPS Online ini sering digunakan oleh perusahaan besar dan para industry atau bisnis dyang memiliki banyak perangkat elektronik, terlebih yang memiliki perangkat banyak dan sensitive. Untuk harga jenis UPS ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis-jenis sebelumnya.



    Dalam pemilihan UPS sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan juga fungsi dari perangkat tersebut yang akan digunakan nantinya. Produk dari Indotara Persada salah satunya juga adalah UPS, merk Arakawa dari Jepang made in Taiwan ini sudah banyak dipakai oleh customer dari seluruh Indoensia.

    Arakawa yang merupakan salah satu produk berkualitas dari Indotara Persada akan memberikan kualitas yang terbaik pada perangkat UPS. Dengan teknologi yang canggih dan memiliki spesifikasi pure sine wave menjadikan Arakawa produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Dengan spare part yang lengkap, pelayanan after sales terbaik dan juga jasa teknisi yang handal dan professional memberikan Anda kemudahan apabila terjadi kerusakan pada perangkat.


Related Articles