Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Forklift Diesel

Posted Date, 28 November 2022

Editor: Ipin

Penulis: Marchellino

Forklift Diesel

Forklift Diesel - Forklift ialah alat bantu yang berfungsi untuk mengangkat benda-benda berat dari satu tempat ke tempat yang lainnya, namun forklift ini biasanya hanya digunakan untuk jarak pendek atau dekat seperti di dalam ruangan atau di dalam area warehouse saja. Jenis dan juga kemampuan forklift sudah pasti berbeda-beda satu dengan yang lainnya.                                                                                                                                          
Yuk kita simak jenis forklift diesel yang paling umum digunakan berikut.

Forklift diesel paling terkenal dan paling umum digunakan. Forklift jenis ini sendri yang menjadi sasaran utama para perusahaan maupun pabrik karena harga sewa yang murah dan juga harga jual nya yang murah.

Forklift jenis ini sangat jarang digunakan di dalam ruangan karena menggunakan bahan bakar solar yang mengeluarkan emisi gas berbahaya. Jika buangan gas tersebut terhirup terlalu banyak, dapat menyebabkan sesak napas dan membahayakan kesehatan terutama bagian pernapasan ditubuh.

Selanjutnya kita akan pelajari lebih lanjut mengenaian bagian-bagian dari Forklift beserta kegunaan dan fungsi dari masing-masing bagian;

1). Fork
Fork adalah bagian forklift yang utama  berfungsi sebagai penyangga untuk memindahkan barang. Bagian ini berbentuk seperti garpu, dengan dua buah besi lurus yang panjangnya rata-rata 1070 mm, dengan posisi peletakan barang pada fork menentukan kapasitas beban maksimal yang bisa diangkat oleh forklift

2). Carriage
Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi sebagai sandaran dan pengaman untuk barang-barang dalam pallet yang berfungsi sebagai transportasi atau pengangkatan.

3). Mast
Bagian ini merupakan dua besi tebal yang terkait dengan hydrolic system dari sebuah forklift.  Pada bagian tersebut berfungsi untuk lifting dan tilting.

Baca Juga:


4). Overhead Guard
Overhead guard merupakan pelindung untuk operator forklift dari kemungkinan terjadinya barang yang jatuh serta cuaca yang tidak terduga serta  kejadian yang tidak di inginkan lainnya.

5). Counterbalanced
Bagian ini berfungsi untuk penyeimbangan beban pada forklift, di mana letaknya berlawanan posisi dengan fork.

Lalu, selanjutnya saya akan menjelaskan fungsi forklift berdasarkan dengan transmisi yang digunakan;

Automatic Transmission Forklift
Biasanya forklift automatic lebih mudah dioperasikan dibandingkan dengan yang manual, nah yang membedakan adalah tuas handle-nya. Tuas handle itu berfungsi untuk automatic forklift yang terdiri ada 4 bagian, yaitu:
  1. Tuas pertama: untuk naik dan turun
  2. Handle dibagian setir sebelah kiri: untuk maju dan mundur
  3. Tuas kedua: untuk tilt.
Penggunaan forklift otomatis sangat simple cara pengoperasiannya. Hal ini dapat dilihat dari bagian pedal bawah sebagai rem dan kopling.
 
Manual Transmission Forklift
Forklift tipe ini mempumyai pedal yang sama persis seperti mobil pada umumnya, di antaranya ada pedal gas, kopling, dan juga rem. Penggunaan forklift sedikit lebih rumit dibandingkan dengan yang automatic.  Forklift manual ini sendiri  tidak terdapat tuas handle maju dan mundur seperti automatic forklift.

Forklift dengan tipe ini memiliki gigi dan tuas handle naik dan turun serta tilt. Kendaraan ini menggunakan bahan bakar solar, sehingga digunakan di outdoor karena menghasilkan polusi yang cukup banyak.


Related Articles