Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

PENYEBAB BATTERY PADA UPS MENGALAMI GELEMBUNG

Banyak orang tidak mengetahui bahwa pemakaian battery yang tidak sesuai Standar Operasioanal bisa mengakibatkan battery pada UPS ( Uninterruptible Power Supply ) menjadi cepat lemah, voltase battery berkurang, dan menggelembung.Idealnya lifetime battery adalah 3 sampai 5 tahun dengan pemakaian normal, ruang penyimpanan yang dengan suhu yang sejuk, voltase yang diterima battery pada pengecasan stabil, dan perawatan secara berkala pada battery.

PENYEBAB BATTERY PADA UPS MENGALAMI GELEMBUNG

KONDISI BATTERY YANG BAIK

Kebanyakan kasus battery menggelembung pada UPS ( Uninterruptible Power Supply ) disebabkan over heated ( kepanasan ), yang lainnya disebabkan oleh kesalahan pemakaian. Battery pada UPS ( Uninterruptible Power Supply ) yang mengalami over heated ( kepanasan ) menyebabkan elemen-elemen didalam battery mengalami ekspansi karena bahan pembentuk elemen (Pb) battery merupakan bahan yang gampang sekali berekspansi terhadap suhu tinggi.

Penyebab battery sering mengalami over heated kebanyakan ditimbulkan oleh beban pemakaian yang melebihi kapasitas / over load yang menyebabkan daya extra battery tersedot hingga panas pada battery menjadi berlebih.

Berdasarkan pengamatan dari kasus-kasus battery menggelembung pada UPS ( Uninterruptible Power Supply ) yang terjadi, penyebabnya diketahui sebagai berikut :

1 Sering terjadi over load pada beban UPS ( Uninterruptible Power Supply ) yang menyebabkan battery menjadi lebih cepat panas.
2 UPS ( Uninterruptible Power Supply ) dan battery diletakan pada ruangan dengan suhu yang tinggi. Standar suhu ruangan yang dibutuhkan oleh UPS ( Uninterruptible Power Supply ) dan battery adalah maksimal 25°C.
3 Tidak tersedianya sirkulasi udara yang cukup baik pada ruangan yang tidak menggunakan AC dan berdebu.
4 Jaringan instalasi listrik terkena sambaran petir.
5 Salah penyambungan sistem kabel antar kutub pada battery.
6 Rangkaian battery terendam banjir, terkena air atau tetesan air dalam jangka waktu panjang.

Untuk itu hal yang harus dilakukan pertama kali adalah untuk kasus yang paling sering terjadi yaitu pemakaian UPS ( Uninterruptible Power Supply ) dengan beban over load adalah dengan merubah beban pada UPS ( Uninterruptible Power Supply ) agar beban yang ditanggung lebih proposional sesuai kapasitas UPS ( Uniterruptible Power Supply ) tersebut. Jika beban yang ditanggung sudah proposional maka kerja battery juga lebih ringan dan umur battery lebih lama.

PENYEBAB BATTERY PADA UPS MENGALAMI GELEMBUNG

BATTERY YANG TIDAK TERAWAT

Suhu penyimpanan juga salah satu hal yang harus menjadi perhatian, karena suhu sama pentingnya dalam menentukan umur pemakaian battery, atau setidaknya sirkulasi udara dibuat lebih baik namun tidak menyebabkan tetesan atau rembesan air saat terjadi hujan. Perawatan battery secara berkala untuk mengecek voltase juga membantu umur pemakaian battery dan menghindari battery terjadi penggelembungan.

Pastikan battery pada UPS ( Uninterruptible Power Supply ) mendapatkan perawatan dan pengecekan secara berkala untuk mencegah kerusakan hingga penggelembungan yang sangat merugikan karena jika sudah menggelembung battery sudah dipastikan tidak dapat digunakan lagi dan harus diganti dengan yang baru.

Namun jika hal-hal penyebab kerusakan / penggelembungan battery tidak dihilangkan dalam pemakaian UPS ( Uninterruptible Power Supply ) maka dapat dipastikan kejadian yang sama akan terulang kembali.


banner percayakan indotara

Penulis: SARI NARULITA
Editor : IQBAL
Banner parent Artikel Arakawa
Banner List Product Arakawa


Related Articles