Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara

Perbedaan Jenis Lemari Pendingin Fridge, Freezer, Dan Showcase

    Memiliki lemari pendingin baik di rumah, di kantor, maupun di tempat usaha memang sudah menjadi kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh semua orang. Pasalnya, setiap kali kita ingin menyimpan makanan atau minuman yang belum sempat dikonsumsi dan ingin mengkonsumsinya di kemudian hari, kita semua pasti membutuhkan tempat penyimpanan yang dapat mencegah pembusukan makanan atau minuman tersebut.

    Umumnya, lemari pendingin atau yang biasa disebut dengan kulkas memiliki tiga jenis, yaitu Fridge (kulkas biasa), Freezer dan Showcase. Untuk lebih jelasnya, mari kita bandingkan ketiga jenis kulkas tersebut dari berbagai aspek.

1. Dilihat Dari Bentuk Fisiknya

Perbedaan, Fridge, Freezer, dan showcase

    Secara umum, tidak ada perbedaan bentuk fisik yang terlalu mencolok di antara ketiga jenis kulkas tersebut di atas. Fridge umumnya memiliki dua varian yaitu 1 pintu dan 2 pintu. Terlihat jelas bahwa dengan kulkas 2 pintu, kita dapat menyimpan makanan dan minuman dengan kapasitas yang lebih banyak (dengan tambahan rak di bagian pintu kulkas) dibandingkan dengan yang hanya memliki 1 pintu.

    Sementara itu, freezer juga umumnya terdiri dari 2 jenis, yakni deep freezer dan chest freezer. Deep freezer sendiri menyediakan beberapa slot untuk membekukan makanan atau minuman dengan pintu yang dibuka dari depan. Sedangkan chest freezer juga memiliki beberapa slot yang dapat berguna untuk membekukan makanan atau minuman namun pintu chest freezer harus dibuka dari atas. Selain itu, chest freezer umumnya berukuran melebar, bukan meninggi.

    Showcase adalah jenis kulkas yang sekilas mirip dengan jenis fridge namun terlihat berbeda dengan tampilan pintu yang transparan (dapat dilihat dari luar). Sesuai dengan namanya, showcase, yang berarti “mempertunjukkan / memperlihatkan”, kulkas dengan jenis ini umumnya digunakan oleh para penjual minuman atau makanan agar barang yang mereka jual dapat terlihat langsung oleh konsumen. Selain itu, bagian dalam dari kulkas dengan jenis ini hanya berupa rak-rak yang dapat digunakan untuk menyusun makanan atau minuman dalam beberapa baris.

2. Tingkat suhu maksimal pendinginan

tingkatan suhu

    Berdasarkan tingkat suhu terendah yang dapat dicapai dari ketiga jenis kulkas di atas, freezer memiliki suhu maksimal pendinginan mencapai -28℃ (pada chest freezer). Banyak penjual es krim atau makanan beku lebih memlilih menggunakan freezer untuk menyimpan barang yang mereka jual. Selain itu, freezer juga dapat digunakan di rumah untuk menyimpan daging dalam jangka waktu yang lebih lama (dapat bertahan sekitar 1-3 bulan).

    Fridge dengan tingkat suhu maksimal pendinginan mencapai 0℃ umumnya hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman agar tetap dingin dan segar. Namun, kita tidak dapat menyimpan bahan mentah seperti daging atau sayuran dalam waktu yang setara dengan freezer, karena perkiraan penyimpanan daging di frigde hanya dapat bertahan hingga beberapa hari saja.

    Showcase pada umumnya hanya dapat mencapai suhu maksimal pendinginan antara 0-10℃, oleh karena itu sangat cocok apabila digunakan untuk meletakkan makanan cepat saji atau minuman berkemasan kaleng di dalamnya. Selain mudah terlihat dari luar, showcase juga memiliki karet pada pintunya yang memungkinkan untuk dibuka tutup dengan nyaman tanpa mengurangi tingkat suhu dan kesegaran di dalamnya secara signifikan.

3. Kapasitas dan Pengaturan Letak Barang di Dalamnya

perbedaan fridge freezer dan showcase

    Dalam hal kapasitas penyimpanan, showcase akan terasa sangat memuaskan karena yang disimpan di dalamnya rata-rata adalah minuman kaleng dan juga fitur rak yang terdapat di dalamnya memungkinkan kita untuk menata minuman-minuman tersebut secara lebih rapi dan bervariasi dibandingkan dengan kulkas jenis lainnya. Pintu yang transparan dan dapat terlihat dari luar akan menimbulkan kesan terhadap kapasitas yang cukup luas ketika dilihat.

    Freezer juga tidak kalah luasnya apabila digunakan untuk menyimpan makanan atau minuman. Karena cenderung didesain melebar, kita dapat menata makanan dan minuman secara horizontal pada kulkas dengan jenis ini. Sementara itu, fridge juga memiliki segi efisiensi penggunaan tempat karena terdapat rak penyimpanan di bagian pintu. Kita dapat meletakkan telur, susu berkemasan karton atau pouch, atau bahkan botol minuman pada rak tersebut.

4. Konsumsi daya listrik Yang Dibutuhkan

perbedaan fridge freezer dan showcase

    Untuk konsumsi daya listrik yang dibutuhkan, freezer dapat dikatakan paling hemat karena jarang sekali dibuka. Pada fridge dan showcase, karena seringkali dibuka maka sebagian udara dingin di dalamnya akan keluar dan menyebabkan suhu kulkas akan naik. Untuk menurunkan kembali suhu di dalam kulkas, diperlukan energi yang besar dan tentunya daya listrik yang besar pula.

Stay Connected

Instagram facebook pinterest linkedin twitter youtube

Penulis : Dwi Mey

Editor : Rio

 

Chat Whatsapp


Related Articles