Contact Us | Sitemap | Language : English | Bahasa
Indotara
LiveZilla Live Chat Software

BAHAYA ZAT AMONIA SEBAGAI ZAT PENDINGIN

BAHAYA ZAT AMONIA SEBAGAI ZAT PENDINGIN

BAHAYA ZAT AMONIA SEBAGAI ZAT PENDINGIN
Apa itu Zat Amonia? Kenapa Bahaya Zat Amonia sebagai zat pendingin?

Seperti yang kita ketahui pendingin yang ada sekarang ini semuanya menggunakan zat yang bisa mencapai suhu yang sangat dingin yaitu bisa mencapai suhu -30 derajat celcius titik didih nya. Zat ini berbeda dengan zat pada umumnya. Zat ini mencair pada suhu panas dan menjadi gas pada suhu yang dingin. Ketika zat ini di berikan tekanan yang besar, maka zat ini akan menjadi sangat panas sehingga berubah wujud menjadi cair dan memuai. Kenapa pada akhirnya bisa menghasilkan dingin?

Suhu dingin dapat terjadi karena tekanan yang besar yang diberikan pada zat referigrant di dalam sebuah pipa kapiler tersebut ditahan oleh sebuah alat yang bernama expansion valve dan dilepaskan dalam jumlah yang sangat kecil sehingga menjadi sangat dingin dan berubah wujud menjadi uap. Semakin besar tekanan yang diberikan pada zat refrigerant maka semakin panas suhu yang dihasilkan, semakin panas suhu yang ditahan dan dilepaskan dalam jumlah yang sedikit maka semakin dingin suhu yang dihasilkan.

Sistem kerja pendingin ini dipakai untuk semua mesin pendingin yang ada. Misalnya pada freezer, mesin ice cream, mesin es batu, air conditioner (AC) , hingga mesin es balok. Zat yang digunakan sebagai bahan untuk pendingin itu adalah disebut zat referigrant. Semakin berkembangnya alat atau mesin pendingin dan kebutuhan terhadap pendingin, zat pendingin pun semakin ikut berkembang. Pada saat ini kebanyakan mesin pendingin sudah menggunakan zat pendingin yang ramah lingkungan seperti R404A. R404A adalah zat referigrant yang baru - baru ini ditemukan. Dengan semakin dikembangkannya zat referigrant bertujuan untuk keamanan sumber daya manusia hingga menjaga sumber daya alam (ozon, dll).
BAHAYA ZAT AMONIA SEBAGAI ZAT PENDINGINAwal ditemukannya zat pendingin adalah menggunakan zat amonia. Zat amonia adalah zat yang bersifat racun dan sangat berbau tajam. Hingga saat ini masih ada pengusaha atau pabrik es batu baik balok atau kubus (cube) dengan kelas industrial masih menggunakan zat amonia. Penggunaan zat amonia dinilai lebih mudah dan murah dibandingkan menggunakan referigrant dengan tipe seperti freon. Zat amonia memiliki harga yang lebih murah dibandingkan zat referigrant yg sudah mulai ramah lingkungan, dan mudah dideteksi jika ada kebocoran pada saluran pendingin atau pipa kapiler.

Tetapi jika kita tidak mengesampingkan unsur kesehatan, sebaiknya kita menggunakan mesin pembuat es yang menggunakan zat pendingin yang sudah ramah lingkungan. Karena jika menggunakan zat amonia akan membahayakan kesehatan dari pekerja pada pabrik es tersebut jika terhirup. Selain itu juga dapat membahayakan warga sekitar pabrik tersebut bahkan akan membahayakan kesehatan dari orang yang mengkonsumsi es batu tersebut. Oleh karena itu penggunaan zat referigrant yang ramah lingkungan sangat penting karena selain bisa meminimalisir menghirup racun juga dapat menjaga ozon agar tetap utuh sehingga mengurangi pemanasan global.

Baca Juga : MEMILIH CONE UNTUK MEMPERCANTIK TAMPILAN ES KRIM ANDA

“Terima Kasih Atas Kepercayaan Anda Terhadap Kami"

Penulis: ANDRY


banner tomori


Related Articles